Mengenal 5 Aneka Jenis Ayam Hias Yang Unik Dan Menarik

Published 08/09/2017 Tags: , , , , , , , , , ,


Sabung Ayam Online – Mengenal jenis-jenis ayam hias yang sangat unik, tentunya kalian pasti tau ayam hias. Ayam yang sangat menarik dan juga harganya pun sangat bermacam-macam, ada yang dari harga standar sampai yang paling mahal pun ada untuk ayam hias ini. Berikut 5 Jenis ayam hias yang harus kalian ketahui.

Jenis Ayam Hias Ayam Kate Dan Banyak Jenis Ayam Hias Lainnya

Jenis Ayam Hias Ayam Kate Dan Banyak Jenis Ayam Hias Lainnya

1.Ayam Serama

Ayam Serama memiliki badan yang mungil sekali, beratnya tidak sampai 500 gram atau setengah kilo, tinggi ayam serama kurang lebih hanya sejengkal tangan orang dewasa, kaki ayam pendek dan tidak berbulu. jenggernya juga mengantung dua dibawah, pada gelambir telinganya terkadang ada warna putih. Ayam Serama tegak dan kadang-kadang badannya seperti tegak lurus karena jarak antara leher dan ekor sangat sempit.

2.Ayam Kate

mempunyai perawakan yang kecil, berkaki pendek dan unik karena memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan ayam biasa, terutama dalam hal keindahan bulu, jengger, penampilan fisik dan tingkah laku.
Ciri Ciri Ayam Kate lokal :
Warna bulunya putih mulus tapi ada juga yang hitam mulus atau hitam kehijauan. Jengger dan pialnya sangat mencolok, karena besar dan merah. Jengger berbentuk wilah – Kaki pendek abu-abu – Kuku dan paruh putih.

3.Ayam Hutan Hijau

Ayam Hutan Hijau ini tersebar disekitar Jawa, Bali, Kangean, dan Flores.
Ciri-cirinya adalah sebagai berikut :
Ayam Hutan Hijau Jantan panjangnya kira-kira 70 cm Beratnya 0,7 – 1,5 Kg. Bulu dada hitam berbaur hijau mengkilap dengan ujung ke kuning-kuningan. Bulu ekor panjang melengkung hitam, Bulu leher kecil-kecil merah kekuning-kuningan. Jengger bulat rata Pial tunggal – Bunyi kokoknya ce-ki-krek.
Ayam Hutan Hijau Betina :
Panjang kira-kira 40 cm
Bulunya kuning pucat
Beratnya 0,5 – 0,8 Kg
Produksi telur 3 – 5 butir / musim

4.Ayam Hutan Merah

Ayam ini tersebar mulai dari India sampai ke China dan Indonesia. Ada 5 sub spesies ayam hutan merah, dua diantaranya terdapat di Indonesia, yakni Gallus-gallus di Sumatera dan Gallus-gallus bankiva di Jawa dan Madura, sedangkan Gallus-gallus murghi terdapat di India dan Bangladesh. Gallus-gallus spadiceus di Myanmar dan Vietnam dan Gallus-gallus jaboullei di China Selatan serta pulau Hainan.
Ciri-ciri Ayam Hutan Merah :
Bobot ayam jantan dewasa 0,7 Kg dan betina 0,4 Kg. Produksi telur 5 – 7 butir permusim. Jantan memiliki bulu leher yang panjang dan sempit dan bulu dada hitam. Jengger berbentuk willah bergerigi merah. Pial double, merah. Bunyi kokoknya “ku-ku-ru-yuk” seperti ayam jantan biasa. Ayam ini tersebar di Jawa dan Madura.

5.Ayam Hias Sumatra

Ayam hias Sumatra ini merupakan ayam lokal yang berkembang di Sumatera Barat Ciri-cirinya adalah Perawakannya tegap, gagah tapi ukuran tubuhnya kecil. Ayam jantan berkepala kecil, tetapi tengkoraknya lebar
Paruh pendek, kukuh dan hitam. Kuping kecil, hitam. Jengger wilah merah. Kulit muka merah atau hitam, ditumbuhi bulu halus yang jarang. Bobot ayam jantan dewasa sekitar 2 kg dan betina 1,5 kg.