Mengenal Tradisi Tajen (Sabung Ayam) Di Bali

Published 08/07/2017 Tags: , , , , , ,


Agen Sabung Ayam – Sudah sejak lama tradisi tajen atau sabung ayam sudah tumbuh dan berkembang di Bali, awalnya dari rangkaian upacara dewa yadnya yang dinamakan upacara tabuh rah, yang mana tabuh rah ini adalah sebagai simbol syarat menyucikan umat manusia dari keserakahan terhadap nilai-nilai materialistis dan duniawi.

Mengenal tradisi tajen Di Bali

Mengenal tradisi tajen Di Bali

Tabuh rah juga bermakna sebagai upacara ritual buta yadya yang mana darah yang menetes ke bumi disimbolkan sebagai permohonan umat manusia kepada sang hyang widhi agar terhindat dari marabahaya, kemudian terjadi pergeseran makna ritual.

Memang acara tajen atau sabung ayam di bali cukup di kenal dan digemari dikalangan masyarakat bali, terutama oleh kaum prianya, walaupun jenis-jenis judi itu melanggar hukum, namun dibeberapa tempat sabung ayam ini masih berlangsung walaupun sembunyi-sembunyi untuk menghindari aparat.

Jika ingin menikmati aktifitas tajen ini lebih dekat, carilah informasi dengan orang-orang lokal yang sudah anda kenal lebih dekat, seperti supir anda yang sedang mengantar dalam perjalanan tour, itupun belum di pastikan kalau mereka tahu, karena tempatnya kadang-kadang tersembunyi, karena merupakan kegiatan ilegal perjudian yang di larang oleh pihak terkait.

Bali sebagai tujuan wisata, banyak tamu asing yang kebetulan lewat dan melihat aktifitas ini, ini mungkin perlu mendapatkan penjelasan yang benar dari pemandu wisatanya. Kalau kita lihat kehidupan dan aktifitas seputar tajen akan banyak dijumpai orang berjualan nasi, kopi, buah-buahan, bakso dan lain-lain. Bebotoh dan penonton menikmati sekali makanan yang dijajakan oleh para pedagang tersebut.